MILAD 57 TAHUN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

MILAD 57 TAHUN RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong yang cikal bakalnya berdiri pada 26 April 1958, dalam perjalanan panjangnya telah beberapa kali berpindah lokasi karena memang belum memiliki tempat sendiri. Pertama kali berlokasi di Desa Wonokriyo Kedung Ampel Gombong di rumah Bapak Suhud, pada saat itu bernama Balai Pengobatan Muhammadiyah Gombong. Kemudian pada tahun 1967 BP Muhammadiyah Gombong pindah lokasi lagi ke Wisma Susila ( Bapak Saad Noor/Ibu Siti Nurrohmah ) yang terletak di JL. Stasiun Gombong, di sini dari Balai Pengobatan (BP) berkembang menjadi Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin (BP/RB) dan menjadi Klinik KB Swasta Pertama di Kabupaten Kebumen. Akhirnya PKU Muhammadiyah Gombong yang berstatus BP/RB memiliki gedung dan lokasi sendiri yang menempati lokasi seluas 560 M2 tepatnya di JL. Yos Sudarso No. 461 Gombong pada 26 April 1979 di Resmikan oleh Bupati KDH Tingkat II Kabupaten Kebumen oleh Letnan Kolonel Sumpeno Suryodiprojo dan H.M. Mawardi dari Pimpinan Muhammadiyah JogjakartaP. Ini adalah perjalanan panjang RS PKU Muhammadiyah Gombong.
Pada 26 April 2015 RS PKU Muhammadiyah Gombong berusia 57 Tahun, Milad ke 57 th ini merupakan bukti keberadaan PKU Gombong di tengah tengah masyarakat Kabupaten Kebumen dan sekitarnya yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo, bahwa PKU Gombong senantiasa melayani masyarakat dengan Ramah, Santun dan Islami. PKU Gombong selalu menjadi pilihan utama mereka karena PKU Gombong mengutamakan Pelayanan. Yang nomer satu tolong dahulu urusan lain tunda dulu.
Milad 57 th RS PKU Muhammadiyah Gombong ini di peringati oleh pegawai rumah sakit dan manajemen pada Senin 27 April 2015 di Lapangan Apel Pagi sekaligus Apel Pagi yang bertajuk Apel Pagi Milad 57 th. Tema Milad 57 th kali ini adalah, ” Menumbuhkembangkan Kebajikan Meraih Keunggulan dan Kejayaan “,.
Di hadiri oleh tamu undangan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong Ir. Fuad Yahya, SE, Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong Madkhan Anis, S.Kep.Ns yang di dampingi oleh Puji Handoko, S.Ag, Dewan Pengawas Rumah Sakit dr. H. Haryo dan Subur Yuswanto, Pendiri Rumah Sakit Hj. Marsiyah Djarot, Ibu Siti Nurromah Saad dan Bapak Siswosudibyo, hadir pula pegawai yang sudah purna tugas Abdul Kariem Ahmad, SHI, Munhamier SH, Abdulah Afandi, tetangga-tetangga rumah sakit juga di undang seperti toko mukti, jajaran PCM Gombong dan seluruh pegawai rumah sakit hadir semua dalam acara Milad 57 th yang sederhana itu.
Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah GOmbong dokter Ibnu Naser Arohimi, S.Ag.MMR dalam sambutannya menyatakan, Pada Milad yang ke 57 tahun ini kita bertekat untuk mewujudkan RS PKU Muhammadiyah Gombong menjadi Type B Pendidikan Utama dan lulus Akreditasi Versi tahun 2012.
Sementara Pimpinan Cabang Muhammadiyah GOmbong Ir. Yahya Fuad, SE bertekat mewujudkan mimpi seluruh Direksi dan Jajarannya serta seluruh Pegawai RS PKU Muhammadiyah GOmbong dengan memberikan suport mental dan materiil, dalam sambutannya Fuad Yahya mengatakan, ” Bukan hanya mimpi dokter Ibnu dan Direksi RS PKU Muhammadiyah GOmbong saja untuk mewujudkan RS PKU Muhammadiyah Gombong menjadi Rumah Sakit Type B Pendidikan Utama, tetapi itu adalah mimpi kami juga di Persyarikatan dan secara Pribadi “. Demikian Fuad Yahya begitu bersemangatnya memberikan support kepada Manajemen rumah sakit.
RS PKU Muhammadiyah Gombong yang selalu ber-Inovasi dengan Teknologi yang canggih dengan menambah sarana dan prasarana Radiologi MRI 0,3 tesla, CT-Scan multislice, Mammografi, Panoramic Gigi, Dental Periapikal, Flouroskopi, MGSCT-64 slice, C-ARM, PACS (teleradiografi), Rontgen Celling ER, Rontgen Mobile, Rontgen Konvensional, Computed Radiologi dan USG 3 dan 4 Dimensi; Color Dopler. Unit-unit berubah menjadi Instalasi seperti Instalasi Farmasi dengan adanya Pengolahan Obat Sitostatika dan Laminar Air Flow, adanya Depo Farmasi Rawat Inap, Rawat Jalan dan IGD, adanya Delivery pickup service obat. Instalasi Forensik dengan fasilitas Mortuary Refrygator 4 dan meja otopsi ). Instalasi Radioterapi ( Linec Non Radioaktif ), Instalasi Laboratorium Patologi Anatomi, Laboratorium Klinik dan Laboratorium Mikrobiologi. Intalasi Rehabilitasi Medik, Instalasi CSSD dengan suhu Tinggi dan Rendah, Instalasi IPAL, Instalasi Laundry, Instalasi Gizi, Incenerator 2 unit mesin.
Layanan Unggulan RS PKU Muhammadiyah GOmbong seperti Hemodialisa 40 unit mesin, Urologi (ESWL;PCNL), Unit Stroke Akut, Laparaskopi Anak, Klinik Gigi Spesialis, Tread Mill test, Radioterapi, IMC/HCU, OK Emergency, Atroskopi Ortopedi, USG Cardiac, Electroenchephalogrhap, RS Sayang Ibu dan Bayi, One Day Care Unit, Perawatan Intensive, Medical Chek Up Umum dan Khusus Haji. Layanan Unggulan ini selalu siap melayani masyarakat baik yang menggunakan BPJS Kesehatan Non PBI atupun PBI serta Umum.
Sementara Program Pelayanan Masyarakat / CSR yang sudah menjadi Agenda adalah Klinik Suka Rela, Klinik VCT Keliling, Pengobatan Massal Gratis, Program TB Dots, Operasi Katarak Massal Gratis bekerjasama dengan PERDAMI Cabang Yogyakarta, Operasi Bibir Sumbing dan Hernia Anak Gratis bekerjasama dengan Jalinan Kasih MNC Group, Muhammadiyah Disaster Manajemet Center, Program Emas dan Program Dana Sehat Muhammadiyah.
Demikian RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam perjalanan yang ke 57 tahun ini yang selalu ingin mempersembahkan layanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga tidak perlu harus jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dengan teknologi yang canggih sehingga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan masyarakat pada umumnya.
JAYA JAYALAH RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

supriyadi.amk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *