DO’A-DO’A HARIAN DAN AYAT-AYAT PILIHAN

 

 

 

 

 

I. Do’a – do’a Harian

1. Do’a akan tidur dan Do’a Bagun Tidur

  • Do’a Akan Tidur

بِاسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَاوَاَمُوْتُ (رواه البخارى)

Dengan menyebut nama-Mu, ya Allah, saya hidup dan mati”.(HR.Bukhori)

  • Do’a Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِى اَحْيَانَا بَعْدَمَا اَمَاتَنَاوَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ (رواه البخارى ومسلم)

“Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah menghidupkan kami kembali sesudah mematikan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami akan kembali”. (H.R. Bukhori dan Muslim)

2. Do’a Akan Makan dan Do’a Selesai Makan

  • Do’a Akan Makan

بِسْمِ اللهِ (رواه ابوداودوالترمذى)

“ Dengan menyebut nama Allah” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)

  • Do’a Selesai Makan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِى اَطْعَمَنَاوَسَقَانَاوَجَعَلَنَامِنَ الْمُسْلِمِيْنَ (رواه ابؤداود)

“Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah memberi makan dan minum kepada kami dan telah menjadikan kami termasuk golongan orang-orang yang menyerahkan diri”. (H.R. Abu Dawud)

3. Do’a Masuk dan Keluar Rumah

  • Do’a Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلَجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya : “Ya Allah, aku memohon agar diberikan jalan masuk yang terbaik dan jalan keluar yang terbaik. Dengan menyebut nama Allah kami masuk dan dengan Nama Allah kami keluar. Dan kepada Allah “Rabb kami” kami tawakkal”. (HR. Abu Dawud)

  • Do’a Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ (رواه ابوداودوالترمذى)

“Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah. Tiada daya upaya dan tidak ada pula kekuatan melainkan dengan izin Allah”.

(H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)

4. Do’a Berkendaraan

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَلَنَاهَذَاوَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّاإِلَى رَبِّنَالَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya : “Maha suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”. (Q.S. Az-Zuhruf : 13-14)

5. Do’a Masuk Kamar Kecil dan Do’a Keluar Kamar Kecil

  • Do’a Masuk Kamar Mandi/WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه البخارى ومسلم)

Artinya : “Ya Allah, hamba berlindung kepada-Mu dari kotoran dan dari segala yang jahat.(H.R. Bukhori Muslim)

  • Do’a keluar  WC/ kamar mandi :

غُفْرَانَكَ (رواه ابوداود والنسائى وابن ماجه عن عائسة)

Artinya :Ya Allah, hamba mohon ampunan-Mu.

6. Do’a Mendengar Adzan

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّاۤمَّةِ, وَالصَّلاَةِ اْلقَاۤئِمَةِ, اٰتِ مُحَمَّدَانِاْلوَسِيْلَةَ وَاْلفَضِيْلَةَ, وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَّحْمُوْدَانِالَّذِى وَعَدْتَّهُ

Artinya : “Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan sholat yang didirikan, mohon berikanlah kepada Muhammad wasilah (derajat yang tinggi di syurga) dan keutamaan, dan bangkitkanlah ia pada tempat terpuji yang Engkau janjikan”. (H.R. Bukhori)

7. Do’a Selesai Wudhu

أَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ,وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Esa tidak ada sekutu baginya dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba dan Rasul-Nya.

8. Do’a Masuk Masjid dan Do’a Keluar Masjid

  • Masuk Masjid membaca :

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya : “Ya Allah bukakanlah bagiku pintu-pinti rahmat-Mu”

 (H.R Muslim)

  • Keluar Masjid membaca :

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya : “Ya Allah aku mohon kemurahan-Mu”. (H.R. Muslim)

9. Do’a untuk Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَماَ رَبَّياَنىِ صَغِيْرًا.

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku dan ampunilah kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana meraka menyayangiku diwaktu kecil”.

10. Do’a Sapu Jagad ( Kebaikan Dunia Akhirat )

رَبَّنَاأٰتِنَا فِي الدُّنْيَاحَسَنَةً وَفىِ اْلاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “Ya Tuhan kami, Berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungi kami dari adzab neraka”. (Q.S. Al-Baqoroh : 201)

11. Do’a Mohon Keturunan & Pasangan yang Sholeh

Q.S. Al-Furqon : 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِيّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ, وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

“Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada Kami pasangan Kami dan keturunan Kami sebagai penyenang hati (Kami), dan Jadikanlah Kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

II. Surat-surat Pendek dan ayat-ayat pilihan

–        Surat-surat Pendek (Mulai dari Surat Adh-Dhuha sampai Surat An-Naas)

–        Ayat- Ayat Pilihan :

Al-Baqarah ayat 177

Capture

Artinya : “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.”

Ayat Kursi (Al-Baqarah 255)

Capture1

Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.”

 Al-Baqarah 284-286

Capture4

Artinya : Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehandaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Capture3Artinya : “Rasul Telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.

Capture4

Artinya :“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau okum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

 Al-Mu’minun 1-11

Capture5

1.    Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

2.    (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya,

3.    Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

4.    Dan orang-orang yang menunaikan zakat,

5.    Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

6.    Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; Maka Sesungguhnya mereka       dalam hal Ini tiada terceIa.

7.    Barangsiapa mencari yang di balik itu. Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.

8.    Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

9.    Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.

10.  Mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi,

11.  (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

 Q.S. Ali Imron ayat 104

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَاْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاُولٰۤئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ.

Artinya : “Dan hendaklah orang-orang diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *